Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik mengamanatkan bahwa informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan fungsi pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara serta segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik. Pengelolaan informasi publik sekaligus merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi.

Sebagai implementasi atas kebutuhan masyarakan terhadap berbagai informasi yang ada dan tersedia di dalam kegiatan pelayanan publik, maka RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro menyelenggarakan pelayanan informasi publik melalui Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).